SELAMAT DATANG DI BLOG AVISENA JOURNALIST

Selasa, 04 Mei 2010

Ahlan wa Sahlan

Kami ucapkan banyak terima kasih, dan selamat datang kepada semua pengunjung alamat blog avisena-journalist.blogspot.com. Media ini dibuat sebagai media untuk kreatifitas siswa kelas XI SMA Avisena, Kedungcangkring, Jabon, Sidoarjo. Dalam blog ini, diisi berbagai macam tulisan siswa kelas XI yang terdiri dari dua jurusan, yakni IPA dan IPS (IPA satu kelas dan IPS dua kelas). Dari berbagai macam tulisan yang dibuat terdiri dari berbagai macam, antar lain, berita tentang sekolah, cerpen, opini, puisi, dsb. Disisi lain, alamat blog ini dijadikan media untuk memuat semua hasil tugas tulisan yang dibuat oleh siswa kelas XI. Kenapa hanya siswa kelas XI karena hanya siwa kelas XI yang mendapatkan materi sekolah jurnalistik. Bukan berarti siswa yang lain tidak diberikan kesempatan untuk mengisi, melainkan hal tersebut sebagai langkah awal (muqoddimah) kreatifitas (menulis) oleh siswa di sekolah SMA Avisena.

Dalam belajar mata pelajaran jurnalistik, siswa kelas XI memakai metode praktek, bukan berarti tanpa teori, tetapi dalam proses belajar lebih mengedepankan praktek setelah mendapatkan teori. Memang, materi pelajaran yang disampaikan di SMA Avisena tidak seperti mata kuliah ilmu komunikasi yang ada di perguruan tinggi, tetapi lebih dasar. Misalkan memahami struktur dan unsur-unsur tulisan, dan mempraktekkannya sehingga mereka bisa dan paham.

Diberikannya mata pelajarang jurnalistik di sekolah SMA Avisena tidak lain untuk memberikan bekal keterampilan kepada siswa agar mempunyai bekal menulis; sebagai calon intelektual dan akademisi. Jurnalistik merupakan mata pelajaran yang bermutan lokal, namun tidak kemudian siswa XI yang mendapatkan materi ini tidak serius karena tidak termasuk pelajaran yang masuk UNAS, tetapi justru pelajaran ini didorong untuk menjadi bekal keterampilan teknis menulis dalam mengembangkan ilmu pengetahuan yang dimiliki. Dengan asumsi bahwa keterampilan menulis merupakan bekal yang wajib dimiliki oleh semua kalangan di tiap level akademik.

Sekali lagi disampaikan, harap maklum apabila dalam tulisan-tulisan yang dimuat dalam media blog ini jauh dari kesempurnaan. Karena tulisan dalam media blog ini merupakan hasil tugas siswa kelas XI ketika mengikuti mata pelajaran jurnalistik, tiap hari Kamis. Berbagai macam tulisan yang ada, sebagaimana yang teori yang sudah disampaikan dalam bangku sekolah. Akhirul kalam, mengharap kepada semua pihak atas masukan dan kritiknya, demi pengembangan sekolah SMA Avisena, Kedungcangkring, Jabon, Sidoarjo, yang tetap berjuang untuk dapat memberikan yang terbaik kepada generasi bangsa, agar dapat bermanfa’at untuk agama dan negara. Amin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar